Jumat, 16 Maret 2012

Lomba Hari Sampah


Rabu, 22 Februari 2012, SMAN 1 Way Jepara mengadakan sebuah kegiatan inovatif yang masih bersangkutan dengan program sekolah adiwiyata. Kegiatan ini di laksanakan berdasarkan program kerja duta lingkungan beserta pengurus OSIS. Kegiatan yang terdiri dari beberapa lomba-lomba ini di laksanakan untuk memperingati hari sampah. Tujuan utama dari di adakannya kegiatan lomba ini adalah meningkatkan rasa kekreativitasan siswa dalam mengolah sampah, menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sampah, dan agar siswa/i SMAN 1 Way Jepara dapat menghargai sampah untuk di jadikan barang-barang yang lebih berguna dan memiliki nilai jual. Lomba hari sampah ini di mulai pada pukul 14.00, tepatnya setelah bel pulang sekolah agar tidak mengganggu proses KBM. Ketika bel siswa-siswi sudah di harapkan berkumpul di lapangan basket sekolah untuk persiapan segala keperluan lomba.




sambutan dari kepala sekolah




Lomba yang di adakan terbagi menjadi tiga, yaitu:

-Lomba pembuatan slogan. Lomba ini terdiri dari 10 siswa perkelas. Setiap kelas/kelompok membuat slogan dengan barang-barang yang telah di sediakan oleh panitia, berupa beberapa kertas karton berwarna. Untuk barang tambahan lainnya seperti, lem, gunting, pensil, dsb peserta di perbolehkan membawa sendiri. Lomba pembuatan slogan ini di adakan di teras-teras lab kimia sampai lab biologi.


                

-Lomba pemangkas (pemanfaatan barang bekas). Lomba ini juga terdiri dari 10 siswa perkelas/kelompok. Para peserta di berikan kebebasan untuk berkreativitas dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah di sediakan oleh panitia. Barang bekas tersebut merupakan sampah-sampah yang ada di sekitar sekolah seperti, botol aqua gelas, sedotan, bungkus mie, dll. 




-Lomba pembuatan pupuk. Sama halnya dengan lomba-lomba yang lain, lomba pembuatan pupuk juga wajib di ikuti oleh 10 siswa perkelas/kelompok. Dengan di adakannya lomba pembuatan pupuk ini, di harapakan para siswa dapat berinovasi dengan memanfaatkan sampah-sampah organik yang ada di sekitar sekolah menjadi sebuah pupuk organik agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual. lomba ini di adakan di lapangan sepak bola.





berikut beberapa hasil karya slogan dan pemangkas.








Alhamdulillah, akhirnya kegiatan ini berjalan dengan lancar hingga acara selesai.

                                                


Tidak ada komentar:

Posting Komentar