Jumat, 28 Oktober 2011

Pendidikan dan latihan OSIS 2011

Diklat OSIS T.P 2011/2012

Diklat OSIS yang dilaksanakan pada tanggal 21,22 dan 23 oktober 2011merupakan salah satu kegiatan OSIS yang bertujuan untuk membangun karakter,jatidiri, dan untuk meningkatkan kinerja pengurus OSIS TP 2011/2012.

Jum’at, 21 oktober 2011
peserta diklat
Kegiatan diklat ini dimulai pada hari Jum’at, 21 Oktober 2011 pukul 13:00 WIB, Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan yang berisikan pidato dari Ketua OSIS, Wakil Ketua OSIS dan Teras OSIS. Peserta diklat ini adalah para pengurus baru OSIS yang berjumlah:
Putra:7
Putri :13
Setelah pembukaan selesai, dilanjutkan dengan kegiatan dilapangan yakni pencarian tanda peserta yang bertujuan sebagai bukti bahwa para peserta mengikuti  diklat tersebut. Dalam kegiatan ini setiap pesreta melapor kepada ketua masing masing sekbid untuk meminta tanda peserta.

Setelah pengambilan tanda peserta siswa diberikan pendidikan berupa pelatihan pembangunan karakter yaitu dengan cara memberikan pendidikan kekeluargaan yang di dalamnya meliputi hal hal yang berkaitan dengan kerukunan kekompakan dan kesadaran antara orang satu dengan yang lain demi  menciptakan keluarga OSIS yang solid.

tower
tower

Acara selanjutnya di lanjutkan dengan pelatihan kekompakan , dan kefokusan dengan menggunakan game yaitu bola dan pecah plastic,,,,

Hari semakin larut dan acara pun dilanjutkan esok hari acara di tutp dengan apel sore. Dan pemberian kesimpulan atas materi materi yang telah diberikan dengan cara umpan balik dengan tujuan peserta diklat lebih aktif dan lebih berani untuk menyampaikan pendapatnya.


Sabtu, 22 Oktober 2011
Seperti pada hari jum’at acara di mulai setelah pulang sekolah yaitu pukul 13:30 WIB, acara di mulai dengan apel siang yang dipimpin oleh ketua osis Alimir Rahman CB

Setelah apel selesai acara berlanjut dengan pendidikan kekompakan dan kerjasama tim. Pendidikan kekompakan dan kerjasama tim dilakukan dengan cara permainan.
Yang pertama adalah permainan “TOWER” di kesempatan ini Perseta dibagi menjadi 2 kelompok Yaitu Putra dan putri. Dalam permainan ini peserta harus berusaha membuat tower dengan cara saling memikul teman yang lain.

Dan permainan di menangkan oleh kelompok PI.

kursi bergilir
Acara selanjutnya masih permainan yaitu permainan “KURSI BERGILIR”. Di sini peserta bibagi penjadi 3 kelompok yaitu 1 PA, dan 2 PI. Permainan ini dilakukan dengan cara berpindah dari satu kursi ke kursi lain hingga mencapai FINISH dengan kaki tidak menyentuh tanah.
Permainan di menangkan oleh kelompok PI.


Tak terasa hari sudah larut dan menunjukkan pukul  17:30 WIB, acarapun kembali dilanjutkan esok hari. Acara ditutp dengan apel sore dan dengan apel dan pretes yang berisikan kesimpulan tentang kegiatan hari ini.

Apel di pimpin oleh Wakil Ketua OSIS M.Azizul Hakim.

Minggu. 23 Oktober 2011
Acara hari ini di mulai di pagi hari, peserta berangkat pukul 6:30 WIB, acara hari ini pun dimulai dengan pembukaan yakni apel pagi.
perempatan push up

pertigaan scout jump
Acara yang kedua yakni pemanasan atau SKJ (senam pagi) dan dilanjutkan dengan tes kekuatan dengan olahraga jogging, ada yang berbeda dalam jogging ini, peserta di wajibkan untuk melakukan PUSH-UP 15x ketika menjumpai perempatan jalan , dan SCOUT-JUMP 15x Setiap bertemu pertigaan jalan.

pada saat tiba di garis Finish peserta harus pelalui 1 rintangan yang mempunyai makna “dalam mencapai tujuan harus ada perjuangan”, rintangannya adalah merayap dibawah kursi.

Acara selanjutnya adalah lomba SKJ dan PBB yang dinilai seara individu.

Acara selanjutnya adalah ISOMA,, pada acara ISOMA ini seluruh pengurus OSIS yang beragama islam melaksanakan solat berjamaah di mushola al-bayan SMA N 1 way jepara.

Setalah usai solat dilanjutkan dengan acara santap siang, disini peserta wajib membawakn bekal pada ketua sekbid masing-masing. Disini peserta harus membawa makanan yang berisikan (nasi,sayur capcai, sayuran, ikan asin berkepala 4, buah-buahan, krupuk, minum berupa air mineral dan susu), acara makan bersama di mulai dengan laporan acara dan diawali dengan do’a, santap siang bersama pun dimulai,



Setelah usai makan siang, acara dilanjutkan dengan “JELAJAH SMANSAWARA” yaitu acara berkeliling SMA N 1 way jepara, yang disana telah diberikan rute perjalanan dan telah ada pos pos nya.
Start di mulai ditempat parker SMA N 1 way jepara. Siswa di bariskan dan akan dilpaskan dengan cara pemberian pertannyaan dan peserta yang dapat menjawab maka ini akan memulai susur smansawara, pertanyaan diberikan oleh Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS.

Pos pertama dijaga oleh DESI VENI ISWATI selaku sekertaris 2
POS ke dua ada RIZKA HELICIA PUTRI selaku Sekretaris 1
Pos ke 3 ada BAGUS KURNIAWAN selaku Ketua Sekbid 1
Pos ke 4 ada PUPUT FATMAWATI yang menggantikan ketua sekbid 2 yang berhalangan dating karena sakit (ELPIN OKPRIADI)
Pos ke 5 ada LUKMAN PRATAMA selaku ketua sekbid 3
Pos ke 6 ada NUGROHO ADI SAPUTRA selaku ketua sekbid 5
Pos ke 7 ada FENI RAHMAWATI  selaku ketua sekbid 7
Pos ke 8 ada YOGA MUHYIDIN selaku ketua sekbid 8
Pos ke 9 ada ZULHIJARIYANTO selaku ktua sekbid 10
Pos ke 10 ada INGGIT RURI SAFITRI selaku Ketua sekbid 6
Pos ke 11 ada DESI VENI ISWATI selaku sekretaris 2
Pos 12 ada KURNIA RAMADANI selaku Ketua Sekbid 9

Pada pos pos diatas peserta di bina dan di didik sesuai sekbid tiap pos nya.

Pos terakhir ada Ketua OSIS Alimir rahman CB dan Wakil Ketua OSIS M.Azizul Hakim.

Setelah susur smansawara selesai siswa di istirahtkan di pos terakhir dengan sedikit refleksi pikiran, dengan posisi peserta berbaring. Setelah beberapa menit siswa dibangunkan dengan guyuran air.
Dan acara selanjutnya adalah cuci bareng, disini siswa mencuci pakaian mereka yang kotor secara bersamaan.

Setelah acara usai , acara pun usai dengan apel sore dan penutupan serta pembacaan hasil kegiatan ini. Dan acara resmi ditutp pada pukul 18:00 WIB

1 komentar: