Kamis, 20 Oktober 2011

kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)

LDK SMA Negeri 1 Way Jepara

Di penghujung bulan September lalu, SMAN 1 Way Jepara mengadakan suatu kegiatan yang tidak lepas dari program kerja OSIS, yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ini di ikuti oleh seluruh siswa-siswi SMAN 1 Way Jepara yang menjadi pengurus OSIS, pengurus Ekstra dan pengurus MPK T.P 2011/2012 yang berjumlah 68 orang. 


Maksud dan tujuan dengan diadakannya kegiatan ini adalah diharapkan siswa-siswi SMAN 1 Way Jepara dapat memahami arti dan makna seorang pemimpin serta menghargai makna dari kepemimpinan. Jenis dari kegiatan itu sendiri adalah sbb:
1.      Memberi pengarahan tentang kesekretariatan dan tertib administrasi
2.      Memberi materi RKA, Proposal, dan LPJ
3.      Membuat program kerja
4.      Test materi LDK

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ini di laksanakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 28, 29, dan 30 September 2011. Kegiatan ini di mulai pada pukul 07.30 s/d 17.30 yang bertempat di ruang Lab. Fisika SMAN 1 Way Jepara. Dan di ikuti oleh anggota OSIS dan Ekstra. 
peserta LDK


Hari pertama kegiatan di buka dengan sambutan dari ketua pelaksana, sekbid 5, yaitu Nugroho Adi Saputro
dan ketua OSIS, Alimir Rahman CB , sedangkan dari sekolah di wakili oleh Bapak Drs. Ibnu Sapari 
ketua pelaksana Nugroho Adi Saputro

ketua OSIS, Alimir Rahman CB
Bapak Drs. Ibnu Sapari

Di sini anggota osis dan pengurus  ekstra diberikan pendidikan kepemimpinan, melalui pemberian materi  dan melalui permainan (game) .
Pembina yang ke dua adalah bapak sudarto spd. 

Pemberian materi
game
Bapak Sudarto.S.Pd

di sini kami di berikan materi tentang pembuatan proposal dan laporan pertanggungjawaban. Kami diberi materi tentang struktur proposal dan LPj dan cara pembuatannya.



Di hari kedua kami mendapatkan materi kepemimpinan  yang di sampaikan oleh Bapak Drs. Yahya Zakaria dan Ibu Umi Muslihah S.Ag . Disini kami di berikan materi kepemimpinan. Diantaranya adalah bagai mana memimpin sebuah organisasi dan bagai mana menjadi pemimpin yang baik.


Bapak Drs. Yahya Zakaria
Ibu Umi Muslihah S.Ag


Dan di hari terakhir LDK kembali di isi dengan materi yang di sampaikan oleh Bapak Drs. I Nengah Surata.
Bapak Drs. I Nengah Surata.

disini kami diberi wawasan tentang kerja sama dan sistem koordinasi agar tercipta sebuah organisasi yang saling bahu membahu.
Pennyampaian materi diberikan dalam bentuk pelajaran tertulis dan game


game


Selama 3 hari ini kegiatan dari pukul 13:00 – 17:00 adalah proses pembuatan RKA (Rencana Kerja dan Anggaran) yang menjadi patokan program kerja selama 1 tahun kedepan.
pembuatan program kerja



Setelah kegiatan LDK selesai dan ditutup dengan pembacaan hasil yang di capai dalam Kegiatan LDK ini dan kendala yang dialami selama kegiatan berlangsung.
Kegiatan LDK resmi ditutup pada hari jumat pukul 17:30

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar